Jumat, 25 November 2011

ASAL-USUL NAMA TELAGA MEKAR

Telaga Mekar adalah kampung asal Ayah saya. Ini adalah cerita yang saya dengar mengenai asal-usul namanya.
Telaga Mekar adalah nama salah satu kute (gampong, desa) di Kecamatan Lawe Bulan, Kabupaten Aceh Tenggara, Propinsi Aceh. Berjarak sekitar 3 Km dari pusat kota Kutacane. Berbatasan dengan kute-kute: Lawe Rutung, Kuta Bantil, Lawe Sagu Hilir, Kute Genting dan Pulonas Baru yang semuanya berada dalam Kecamatan Lawe Bulan.
Pada zaman dahulu kala ketika Tanah Alas (Aceh Tenggara) masih berupa hutan lebat, sekelompok orang dari suku Alas bermarga Keruas membuka hutan untuk dijadikan perkampungan mereka. Mereka juga menggali sebuah sumur (telaga) untuk sumber air bagi perkampungan baru tersebut. Sumur itu mengeluarkan air yang melimpah, lalu sumur itu diperlebar hingga menyerupai kolam.
Menurut sejarah air di telaga tersebut tidak pernah kering hingga sekarang walaupun sumur-sumur dan anak sungai di sekitarnya mengering saat musim kemarau. Penduduk setempat kemudian menamakan telaga itu sebagai Telaga Mekar, sekaligus menjadi nama perkampungan baru tersebut.
Kini, telaga tersebut terletak di depan Mesjid al-Ihsan, Telaga Mekar dan dijadikan sebagai tempat mandi dan berwudhu. Lidah orang Alas menyebut Telaga Mekar sebagai 'Lage Mekakh' atau 'Ge Mekakh' atau 'Gemengkakh'.

 Telaga Mekar
Mesjid al-Ihsan

2 komentar:

  1. jadi ingat dulu waktu masih SD aku pernah mandi di sumur itu...

    BalasHapus
  2. Cik aku tong penasakhen sejakhah telage mekar.
    Aku belagakh gemekakh anak Sutan
    Tolong kandu khe info be kami
    082277379536

    BalasHapus